Pelaksanaan OSMB Pendas 2015.1

 vcv

           Salah satu upaya dengan memberikan informasi tentang Proses Pembelajaran di UT kepada mahasiswa baru adalah melalui Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB). OSMB merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh UPBJJ-UT Palembang untuk menyampaikan dan mensosialisasikan informasi dan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa baru tentang apa, mengapa dan bagaimana kuliah di UT melalui melalui belajar mandiri.

 

          Kegiatan OSMB Program Pendas masa registrasi 2015.1 dilaksanakan dibeberapa Pokjar dan di Kota Pelembang, yaitu di Pokjar Kab. Muara Enim (7 Februari 2015, 56 mahasiswa), Pokjar Kota Agung Kab. Lahat (31 Maret 2015, 58 mahasiswa), Pokjar Kota Pagar Alam (1 April 2015, 27 mahasiswa), dan di Kota Palembang (16 April 2015, 404 mahasiswa).

 

         Pada kegiatan OSMB ini materi yang disampaikan oleh Ka. UPBJJ-UT dan Staf UPBJJ-UT Palembang kepada para mahasiswa peserta OSMB yaitu ”Bagaimana Kuliah di UT Lulus Tepat Waktu dengan Prestasi memuaskan melalui Sistem Belajar Jarak Jauh”, meliputi: Apa, mengapa, dan bagaimana proses pembelajaran di UT, Belajar Mandiri, Jaminan Kualitas dan Akreditasi Program Studi, Registrasi dan Sistem Pembayaran melalui LIP (Lembar Informasi Pembayaran), Bahan ajar, Cara Belajar dan Pemilihan Mata Kuliah, Layanan Bantuan Belajar: TTM, TTM-Atpem, Tuton, Mata Kuliah Praktek/Praktikum, Evaluasi Hasil Belajar: UAS dan TAP, SUO, dan Numpang Ujian, Kelulusan dan Kegiatan Kemahasisaan, serta Informasi dan Layanan UT melalui Website: http://www.ut.ac.id dan www.palembang.ut.ac.id. Materi disampaikan melalui paparan dan tanya jawab.

 

 

 

         Dalam salah satu paparan OSMB tersebut Koordinator BBLBA Hartati, S.Si, M.Sc dan Ir. Enny Sri Martini, MSi menyatakan bahwa mahasiswa Universitas Terbuka (UT) diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menuntut mahasiswa untuk belajar atas inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri maupun berkelompok. Belajar mandiri ditentukan oleh kemampuan belajar secara efektif. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan memahami isi bacaan dalam hal ini modul. Untuk dapat belajar secara mandiri yang efektif, mahasiswa dituntut untuk disiplin diri dan motivasi belajar yang tinggi.

 

(Selamat Belajar mahasiswa ku, dan terimakasih kepada mitra kami) (enny sri martini)