Upaya Memahami dan Mengenal Pembelajaran di UT_

Merge

 

UPBJJ-UT Palembang menggelar kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) program FKIP S1-PGSD dan S1-PGPAUD masa registrasi 2016.1 pada tanggal 7 April 2016. Kegiatan OSMB program FKIP S1-PGSD dan S1-PGPAUD dilaksanakan di SMKN 6 dihadiri lebih kurang 300 mahasiswa baru yang tersebar di kota Palembang dan sekitar. Acara OSMB dibuka secara resmi oleh Kepala UPBJJ-UT Palembang, Ir Adi Winata, MSi. Kegiatan OSMB kali ini mengambil tema “Dalam Upaya Untuk Memahami dan Mengenal Proses Pembelajaran UPBJJ-UT Palembang” dengan materi Apa yang dimaskud dengan Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh, Bagaiman Proses Belajar Mandiri, Kapan melakukan Registrasi, memperoleh Layanan Administrasi dan Layanan Akademik di UT, bagaimana memperoleh Bantuan Belajar (Tutorial Tatap Muka dan Tutorial Online, Bagaiman mengikuti Ujian dan Ujian Online (SUO), dll. Acara berlangsung dari pukul 13.00 – 15.00 WIB.

 

Dalam salah satu paparan OSM tersebut, Kepala UPBJJ-UT Palembang, Ir Adi Winata, MSi menyampaikan bahawanya ketika seseorang memutuskan untuk menjadi mahasiswa UT, maka ia harus mengubah mindset untuk harus kreatif dan mandiri. Karena kuliah di UT memang menuntut kemandirian, cara belajar mandiri menuntut mahasiswa untuk belajar atas inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara mandiri maupun berkelompok. Belajar mandiri ditentukan oleh kemampuan belajar secara efektif. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan memahami isi bacaan dalam hal ini modul. Untuk dapat belajar secara mandiri yang efektif, mahasiswa dituntut untuk disiplin diri dan motivasi belajar yang tinggi. Dengan diadakannya acara OSMB ini, mahasiswa diharapkan lebih bisa dan dapat memahami mengenai proses belajar di UT yang menerapkan system belajar jarak jauh sehingga ditekankan pada proses belajar mandiri, membaca adalah kunci utamanya,mandiri dan disiplin.

 

Demi kelancaran studi, mahasiswa diharapkan mengunjungi website UT, memperhatikan kalender akademik, dan membaca catalog UT guna memperoleh informasi terkini. (Triana)