• image
  • image
  • image
  • image
  • image

Kiat Sukses Kuliah di Universitas Terbuka

PENGALAMANKU LULUS TEPAT WAKTU DENGAN IPK 3,91

OLEH

MAHKOTA JAYA (ALUMNI S1 PGSD-UT TAHUN 2012.1)

POKJAR KIKIM TIMUR KABUPATEN LAHAT


Belajar bukan sekedar menghafal dan bukan pula hanya mengingat. Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang, yang dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk perubahan seperti pengetahuan, pemahaman, sikap, tingkah laku, keterampilan, kecakapan dan kemampuannya. Oleh sebab itu belajar adalah proses aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu, proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu.

Universitas Terbuka (UT) adalah Universitas yang terbuka bagi siapa saja, dimana saja, kapan saja tanpa membedakan usia, wilayah, jenis kelamin maupun profesi. UT memberikan kesempatan belajar kepada siapa pun untuk meningkatkan kemampuan diri dengan menambah ilmu pengetahuan, tanpa meninggalkan tugas utama baik sebagai guru, karyawan, ibu rumah tangga dsb, bahkan UT juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mempelajari beberapa mata kuliah tertentu saja.

Belajar adalah “ Learning is a cange performance as a result of practice”. yang berarti bahwa belajar membawa perubahan dalam performance dan perubahan itu sebagai akibat dari latihan (Practice), (Mc. Biach Lih Bugelski). Menurut Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif (2005), belajar adalah suatu proses perubahan didalam diri manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kecakapan, pengetahuan, sika, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir dan kemampuan lain-lain.

Dari uraian tersebut di atas, berarti kita harus mempunyai perubahan dalam kemampuan maupun tingkah laku setelah belajar atau setelah menyelesaikan perkuliahan. Dengan perubahan yang positif membantu kita dalam mendapatkan hasil yang memuaskan, dan yang terpenting kita dapat menerapkan ilmu yang kita peroleh dalam menjalankan tugas kita sehari-hari, karena mahasiswa UT tidak hanya dituntut memiliki nilai yang baik, namun juga dapat meningkatkan keprofesionalan dalam menjalankan tugasnya.

 

 

Pengalaman Yang Saya Lakukan


1.    Niat


Utamakan segalanya dengan niat yang ikhlas dan tulus, bahwa menuntut ilmu adalah suatu kewajiban sehingga pepatah yang saya anut adalah” Tuntutlah ilmu sampai keliang lahat”. Dampak yang kita harapkan adalah segala sesuatu yang kita lakukan akan lancar, mendapat kemudahan, kesabaran dan ridho dari Allah SWT.

 


2. Motivasi diri dan faktor lingkungan


Motivasi diri dan faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan saya, karena motivasi merupakan tekad dan kemauan untuk meraih keberhasilan. Pepatah yang saya anut adalah “Dimana ada kemauan disitu ada jalan.” Sekaligus faktor lingkungan dari dalam keluarga saya dan dalam lingkungan tempat saya bekerja. Jika ini semuanya telah kita resapi maka semua proses belajar akan kita jalani dengan enjoy tanpa rasa keterpaksaan.

 


3. Manajemen Waktu


Mahasiswa Universitas Terbuka harus pandai membagi waktu, seperti yang saya alami bahwa setiap hari saya membaca modul selama 15-30 menit, kapan saja dan dimana saja, memberi tanda untuk kata/kalimat/paragraf-paragraf yang penting untuk pembahasan labih lanjut. Pepatah yang saya anut adalah “, Buku adalah gudang ilmu, membaca atau ikrok adalah kuncinya “ dan berdasarkan hasil penelitian bahwa semakin banyak panca indera yang kita gunakan untuk belajar, maka hasilnya dapat mencapai 90%.

 


4. Memanfaatkan Tutorial

Program Pendidikan Dasar (S1 PGSD dan S1 PGPAUD) memberikan fasilitas bantuan belajar atau tutorial wajib yang dapat memberikan kontribusi nilai sebesar 50%, maka kegiatan ini saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sebelum kegiatan tutorial saya sudah membaca modul yang akan ditutorialkan, sehingga ketika tutor menyampaikan materi, kita langsung dapat memahami apa yang disampaikan tutor. Jadi kita tidak mengalami Jaka Sembung alias nggak nyambung. Kerjakan test formatif yang ada dalam modul, nilailah jawaban kita dengan jujur, sehingga kalau hasilnya belum mencapai 80% kita harus mengulang kembali membaca modul tersebut. Maka dari itu saya telah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang sulit untuk dipahami dalam belajar mandiri untuk ditanyakan ke tutor, dan mengerjakan semua tugas yang diberikan tutor dengan senang hati dan ikhlas.


5. Berdoa, dan sabar


Segala sesuatu dan cita-cita yang kita harapkan haruslah mendapatkan ridho Allah SWT. Oleh sebab itu, perbanyak do’a, usaha dengan sekuat tenaga, sabar dan tawakal, karena dalam firman Allah yang biasa umat Islam lafaskan adalah “La walakuata ilahil azim” (tanpa daya, kekuatan dan upaya selain izin dari Allah SWT)

 

Kesimpulan

Kita bisa berhasil dengan baik, harus dimulai dengan niat, perencanaan, motivasi diri, menciptakan lingkungan yang aman dan tenteram, selalu membaca, dan selalu berdoa dengan sabar, InsyaAllah semua akan tercapai dengan sebaik-baiknya

 

 

Info POKJAR

Jajak Pendapat

Bagaimana Pelayanan UPBJJ-UT Palembang Menurut Anda?
 

Pengumuman Terbaru UPBJJ-UT Palembang


Informasi Jadwal TUTON 2014.2 Non Pendas bisa dicek melalui SMS dengan Format : INFO TUTON Kirim ke Nomor 081929368766 (Jam Kerja)


Informasi Jadwal Unggah KARIL 2014.2 bisa dicek melalui SMS dengan Format : INFO KARIL Kirim ke Nomor 081929368766 (Jam Kerja)


Informasi Daftar Yudisium Mahasiswa Tahun 2013 dan 2014 bisa dicek melalui SMS dengan Format : INFO#YUDISIUM#NIM contoh : INFO#YUDISIUM#014670473 Kirim ke Nomor 081929368766 (Jam Kerja)


Cek Status KARIL Mahasiswa ketik SMS dengan Format : INFO#KARIL_MASA#NIM contoh : INFO#KARIL_20141#823733155 Kirim ke Nomor 081929368766 (Jam Kerja)


Link

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini9
mod_vvisit_counterTotal106094
Today: Sep 23, 2014